Elemen bisnis adalah faktor penunjang dalam kegiatan bisnis, baik yang bersifat teknis maupun non-teknis. Empat elemen bisnis yang utama adalah :
- Modal : Biasa disebut juga dengan istilah Capital. Modal dapat berbentuk material dan non material. Dalam pengertian ini, modal dapat diintepresentasikan sebagai sejumlah uang yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis seperti memperoleh bahan baku, upah tenaga kerja dan sebagainya. Yang penting disini adalah “bagaimana mengelola modal secara optimal sehingga bisnis yang dijalankan dapat berhasil dengan sukses. Modal dapat diperoleh dari berbagai sumber yaitu modal sendiri, modal pinjaman dan modal patungan (kerja sama).
- Bahan Baku (Material): Semua bahan (sumber alam) yang diperlukan sebagai menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. Yang perlu diperhatikan untuk mencapai keunggulan bisnis adalah kualitas bahan karena dapat mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan.
- Sumber Daya Manusia (Human Resource): Karyawan merupakan salah satu sumber daya dan sekaligus input yang berharga yang dimiliki perusahaan. Dalam suatu perusahaan, antara karyawan dan pimpinan memiliki kepentingannya masing-masing. Karyawan menginginkan adanya imbalan factor produksi dalam melaksanakan aktivitas bisnis, guna berupa upah yang layak dari hasil kerja mereka, sedangkan pimpian menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukkan oleh besarnya omzet penjualan dan laba. Menurut Nawawi (2003) bahwa:” SDM yang dipekerjakan dalam sebuah perusahaan harus memenuhi kualifiasi: a. Memiliki kemampuan kompetitif (SDM Kompetitif) dan b. Memiliki kemampuan berkualitas tinggi (SDM Berkualitas).
- Keterampilan Manajemen (Management Skill): Keterampilan yang paling penting adalah keterampilan memungkinkan manajer dapat membantu orang lain (dalam hal ini karyawan) sehingga menjadi lebih produktif di tempat kerja. Robert. L. Katz menggolongkan keterampilan asar manajer tersebut menjadi tiga kategori yaitu; ketrampilan manusiawi (human skills) dan keterampilan keknis (technical skills). Ketiga keterampilan tersebut penting bagi setiap manajer, namun tingkat kepentingan masing-masing keterampilan tersebut berbeda-beda sesuai dengan tingkat tanggung jawab manajerialnya.
Bisnis dapat dilihat sebagai keseluruhan system yang tediri dari subsystem yang lebih kecil seperti produksi, pemasaran, SDM, keuangan dan sebagainya. Bila digambarkan, maka system bisnis ini akan tampak seperti pada gambar berikut:
INPUT
Bisnis menerima input dan Mengoperasikannya dalam Kendala kingkungan fisik, Ekonomi, politik, hukum, Teknologi dan social. keterampilan konsep (conceptual skills),
PROSES
Bisnis memproses input dengan cara yang paling efisien dengan mengorga -nisasikan sumber daya, Memotivasi SDM dan Mengaplikasikan teknologi yang tepat.
OUTPUT
Bisnis menghasilkan barang dan jasa untuk memuaskankebutuhan konsumen sehingga menciptakan manfaat ekonomi dan sosial serta meningkatkan standar kehidupan masyarakat.
0 komentar:
Posting Komentar